Home » » Pengertian Tentang Pendaki Gunung

Pengertian Tentang Pendaki Gunung

Posted by Bawa Ransel

Menjelajahi pegunungan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang biasa disebut pendaki gunung atau dieropa dikenal dengan Alpinism.
Mendaki gunung adalah olah raga yang didalamnya termasuk panjat tebing merupakan kegiatan yang sangan menantang selain itu pemandangan alam merupakan idaman yang banyak disukai oleh kalangan remaja dan orang dewasa.

Alasan Mengapa Banyak Yang Menyukai Kegiatan Pendakian


Beberapa alasan mengapa kegiatan pendakian banyak disukai dari berbagai kalangan salah satunya adalah tantangan dalam kegiatan pendakian menuntut setiap individu untuk menggunakan kemampuan dan keterampilannya dalam menghadapi alam selain itu kemampuan menyatu dengan alam juga harus dimiliki oleh setiap individu.
Terkadang seorang pendaki dituntut kemampuannya dalam hal panjat tebing namun secara umum tujuan orang-orang mendaki gunung adalah untuk menggapai tempat-tempat tertinggi dan menikmati keidahan alam dimana tidak setiap orang bisa merasakannya.

Bentuk Dasar Pendakian


Terdapat tiga bentuk dasar pendakian yang disesuaikan dengan irama kebutuhannya diantaranya adalah :

  1. Pendakian Gunung adalah kegiatan yang melibatkan panjat tebing ( Rock Climbing ) yang begitu populer dikalangan pendaki, diamana pendakian melibatkan pemanjatan pada lereng-lereng batu dan tebing.

  2. Pendakian Gunung Salju adalah pendakian yang memiliki resiko yang sangat membahayakan dan membutuhkan kemampuan dalam mengenali medan dan juga perlu peralatan khusus untuk melakukannya.

  3. Kombinasi Dari Keduanya adalah pendakian dengan dua jenis medan untuk melakukannya biasanya seseorang pendaki harus memiliki pelatihan dan pengalaman yang sangat baik.


Walaupun Cedera dan kecelakaan sering terjadi pada kegiatan pendakian untuk itu sebagai team harus saling bekerjasama agar mengantisipasi kejadian yang tidak terduga, selain itu dalam dunia pendakian pengalaman adalah guru yang terbaik.

0 komentar:

Post a Comment