Home » » Perbedaan Mendasar Antara Gunung Dengan Bukit

Perbedaan Mendasar Antara Gunung Dengan Bukit

Posted by Bawa Ransel

Antara Gunung Dengan Bukit kadang kita sulit sekali membedakannya karena sama-sama berada pada suatu wilayah di permukaan tanah yang tinggi untuk dapat membedakan diantra kedua hal tersebut adalah yang pada dasarnya kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang mendasar dari mulai Ketinggian, volume, relief, kecuraman, jarak dan kontinuitas yang dapat dijadikan kriteria dalam membedakan antara definisi tentang gunung dengan bukit.


Definisi Tentang Gunung


Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menjulang tinggi di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit dan biasanya terpisah dan menyendiri, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal sebagai contoh :


Gunung Batu Jonggol


gunung batu jonggol tidak memiliki ketinggian mencapai 1500 mdpl bahkan untuk mencapai puncaknya dapat di tempuh dalam waktu kurang dari 60 menit mengapa disebut gunung sedangkan untuk ketinggiannya saja tidak termasuk kedalam kriteria. sebelum mencapai kelokasi gunung batu, anda akan bertemu dengan jalan yang naik dan turun dan berada di ketinggian inilah yang disebut bukit/daerah perbukitan lalu diwilayah ketinggian tersebut terdapat sebuah permukaan tanah lagi yang menjulang lebih tinggi itulah yang disebut gunung oleh karena itu gunung batu jonggol termasuk kedalam kriteria sebuah gunung jika terdapat lagi permukaan tanah yang lebih tinggi maka wilayah tersebut maka tidak termasuk kedalam kriteria definisi tentang gunung.

Definisi Tentang Bukit


Bukit adalah suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian yang relatif rendah dibandingkan dengan gunung. Perbukitan adalah rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas sebagai contoh.

Puncak Bogor


Puncak Bogor adalah sebagai contoh wilayah perbukitan/bukit, disaat kita melalui jalan tersebut kita berada di ketinggian dengan strukturnya yang naik turun ini dikarenakan memiliki ketinggian yang relatif sama yang berbeda dengan gunung yang akan terus naik sampai menemui batas pencapaian ketinggiannya untuk contoh pegunungannya adalah gunung gede pangrango yang berada lebih tinggi di atas wilayah perbukitan tersebut.

Lalu bagaimana jika terdapat struktur tanah yang menjulang tinggi keatas namun dalam jumlah banyak seperti pada gunung krakatau ?

Ini adalah salah satu contoh yang banyak membuat kebanyakan orang bingung apakah semua itu gunung ? tidak ! mengapa.. karena itu termasuk kedalam suatu bentangan alam dalam satu wilayah jika terdapat banyak maka hanya ada 1 permukaan yang disebut gunung yaitu yang memiliki ketinggian yang lebih
tinggi diwilayah tersebut karena itu hanya ada satu gunung diwilayah tersebut yaitu gunung krakatau.

Bukit berada di atas permukaan tanah sedangkan gunung berada di atas wilayah perbukitan

5 komentar:

  1. Makasih infonya gan...sering bgt salah kaprah nih antara bukit dan gunung

    ReplyDelete
  2. Awww thank you! I really appreciate your response! Semoga ya bisa terus nulis tiap bulan hehe. Makasih makasih


    Paket Wisata Kawah Ijen

    ReplyDelete