Home » » Perbedaan Mendasar Antara Lava Dengan Lahar

Perbedaan Mendasar Antara Lava Dengan Lahar

Posted by Bawa Ransel

Ketika sebuah gunung meletus maka hal tersebut merupakan sebuah tanda bahaya bagi area sekitar bencana tersebut lava dan lahar merupakan momok yang paling ditakuti karena semua yang dilaluinya dilenyapkan baik tumbuhan maupun hewan meskipun demikian Antara Lava Dengan Lahar Memiliki Perbedaan baik dari segi bentuk dan juga arti dari masing-masingnya untuk itu kita harus mengetahui artinya satu persatu agar tidak salah dalam mebedakan lava dengan lahar.

Pengertian Lava


Lava merupakan materi dari hasil erupsi sebuah gunung yang berupa zat cair yang umumnya keluar dalam bentuk lelehan.
Lava berasal dari perut bumi atau sebuah gunung api akibat adanya peningkatan aktifitas vulkanik didalam gunung tersebut, lava yang keluar menuruni lereng gunung hingga sampai ke lembah namun terkadang ia hanya tertahan di areal puncak dan membentuk kubah lava.

Pengertian Lahar


Lahar adalah materi erupsi dari letusan gunung api yang berbentuk padat mulai dari debu vulkanik, batu, pasir dan kerikil.
aktifitas lahar akan meningkat jika intensitas curah hujan besar kecepatan lahar sangat cepat saat menuruni lereng-lereng gunung, lahar dibagi menjadi dua lahar panas dan lahar dingin.

0 komentar:

Post a Comment